KULIAH PERTAMA PERILAKU KONSUMEN
Dwi Noventasari
Departemen Manajemen Hutan (www.manhut.fahutan.ipb.ac.id)
Fakultas Kehutanan (www.fahutan.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Dosen:
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS Ir. Retnaningsih, MS Ir. Md djamaluddin, MSc
Text Book : Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia

CATATAN KULIAH PERTAMA
PERILAKU KONSUMEN
Nama saya Dwi Noventasari, mahasiswi departemen Manajemen Hutan, fakultas Kehutanan, Insititut Pertanian Bogor angkatan 50. Pada hari Kamis, 12 Februari 2015 pukul 07.30-10.00 saya mengikuti perkuliahan Perilaku Konsumen dari departemen IKK, Fema, IPB yang saya ambil sebagai SC (Supporting Course). Kuliah disampaikan oleh dosen yang ahli dalam bidang ini yang juga penulis buku “Perilaku Konsumen” sebagai acuan mata kuliah ini yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Saya mengambil mata kuliah ini karena saya ingin membuat usaha di waktu yang akan datang (aamiin) dan kata “konsumen” membuat saya ingin tahu lebih dalam tentang berbagai perilaku dan sifat konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang dapat berimplikasi terhadap sukses-tidaknya usaha yang akan saya buat dikemudian hari (aamiin). Pada pertemuan pertama, kami disuruh menyebutkan tren-tren yang sedang berkembang sekarang, ada yang menjawab sebuah judul film, ada yang menjawab tablet, smartphone, dan lainnya. Tren menjadi topik karena tren merupakan salah satu hal yang mempengaruhi konsumen. Apalagi orang Indonesia, tren menjadi pertimbangan penting bahkan no 1 dalam membeli suatu produk. Setelah membahas tentang tren, kami membahas tentang berbagai definisi dan hal-hal yang berkaitan erat dengan perilaku konsumen. Sebelum masuk ke materi, Pak Ujang bertanya kepada kami, kata apa yang pertama kali muncul saat mendengar kata-kata konsumen dan setiap mahasiswa tidak boleh menyebutkan kata-kata yang sama. Kata-kata yang diberikan mahasiswa meliputi pemakai, pembeli, penikmat, pengonsumsi, belanja, selektif, inovasi, jasa, efisiensi, memilih yang terbaik, membeli, prioritas, boros, pemasaran, diskon, dan lain-lain yang semuanya adalah benar terkait. Pak Ujang menjabarkan bahwa pengertian dari konsumen adalah tokoh yang melakukan pembelian untuk memperkuat perekonomian negara, sehingga di peroleh bahwa perilaku konsumen adalah perilaku mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen tidak hanya berhubungan dengan behavior atau perilaku. Namun juga berhubungan erat dengan psikologis konsumennya atau mental konsumennya. Sehingga secara lebih lengkapnya, perilaku konsumen adalah kegiatan, tindakan, proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, saat menggunakan, menghabiskan produk, jasa, dan lain lain. Adapun jenis konsumen ada yang individu dan organisasi. Perspektif riset perilaku konsumen ada 3, yaitu perspektif pengambilan keputusan rasional, perspektif eksperiensial yang berdasarkan pengalaman, kegembiraan atau emosi, serta perspektif behavioral yang didasari faktor luar sepertia pemasaran, budaya lingkungan & ekonomi. Ada tiga faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen, yaitu kegiatan pemasaran, individu konsumen, dan lingkungan (sosial,fisik). Pada pertemuan pertama ini, Pak Ujang memfokuskan pada faktor individu berupa motivasi,Motivasi adalah daya dorong dalam diri konsumen. Motivasi terjadi karena adanya kebutuhan konsumen yang menyebabkan kesenjangan baik yang dirasakan konsumen maupun yang ingin dirasakan konsumen, Kebutuhan konsumen terbagi atas dua faktor yaitu faktor pendorong (kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder) dan faktor manfaat (kebutuhan utilitarian dan kebutuhan hedonik). Hari pertama kuliah memberikan saya gambaran mengenai arti sesungguhnya dari konsumen dan hal tersebut membantu saya untuk memahami mengenai perilaku-perilaku konsumen yang didasarkan pada disiplin perilaku konsumen di dunia sebagai motif-motif perilaku mereka. Konsumen selalu dipersatukan, tidak dapat dibedakan satu sama lain, dan mereka merupakan unsur penting dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar